Cara Menulis Daftar Pustaka

oke teman-teman kali ini saya ingin membagikan cara menulis daftar pustaka yang baik dan benar.


Daftar Pustaka adalah daftar yang mencantumkan judul buku, nama pengarang, penerbit, dan sebagainya yang ditempatkan pada bagian akhir suatu karangan, karya ilmiah, skripsi,atau buku. 

Daftar pustaka merupakan salah satu elemen yang penting dalam menyusun suatu karya ilmiah, karena berkaitan pada tingkat keaslian suatu tulisan dengan mencantumkan sumber dari tulisan yang diambil dari sumber yang di ambil isinya. Selain itu, cara penulisan daftar pustaka yang benar juga sangatlah penting guna menghindari kesalahan dalam perujukan.
Daftar Pustaka

Tujuan penulisan daftar pustaka dalam penulisan sebuah buku, skripsi atau karya ilmiah bisa menjadi beberapa tujuan  :
  •  Membantu pembaca dalam menelusuri secara detail topik terkait dengan membaca sumber lain yang ada di daftar pustaka.
  • Bisa juga menjadi bentuk apresiasi atau menghargai penulis terhadap karya atau tulisan orang lain yang dijadikan sebagai sumber referensi atau masukan dalam menyusun suatu tulisan.
  • Menunjukan sebuah tulisan tidak dibuat dengan asal-asalan. Tetapi ditulis berdasarkan sumber-sumber yang terpercaya dibidang keahlian masing-masing, sehingga memiliki struktur yang jelas dalam penulisannya.
  • Untuk menghidari adanya tuduhan plagiat dalam penulisan sehingga tidak ada originalistas dalam penulisan. 
  • Membangun kepercayaan pembaca sehingga pembaca tidak ragu ketika membaca karena memiliki sumber yang jelas.

Ada beberapa hal dalam penulisan dan cara membuat daftar pustaka, diantaranya adalah :
  • Nama penulis
  • Tahun Terbit
  • Judul Buku / Karya
  • Tempat Terbit
  • Nama Penerbit
Dalam tata cara penulisan daftar pustaka tidak bisa di tulis secara asal-asalan, tetapi harus sesuai dengan aturan yang ditetapkan. sehingga dalam penulisan daftar pustaka tidak bisa sembarangan dalam mencantumkan sumber. berikut beberapa aturan dalam penulisan daftar pustaka.
1. Nama Penulis yang terdiri dari dua kata atau lebih, pada setelah nama penulis harus di barengi tanda baca koma (,)
Contohnya : Nama penulis pada buku tersebut adalah Muhammad Ali, jadi ketika penulisan daftar pustaka menjadi " Ali, Muhammad, "

jika Penulisnya terdiri dari 2 orang atau lebih maka yang di balik hanya nama penulis yang pertama, kemudian diantara nama penulis pertama dan kedua di tuliskan kata "dan".
Contohnya : Nama penulis buku Muhammad Ali dan Muhammad Radit, jadi penulisan daftar pustaka menjadi " Ali Muhammad dan Muhammad Radit "

Jika Penulisnya terdiri dari 3 (tiga) atau lebih, maka yang di tulis hanya nama penulis yang pertama (nama penulis tetap di balik jika terdiri dari 2 kata atau lebih) serta di barengi kata " dan kawan-kawan (dkk) ". 
Contohnya : Penulis terdiri dari Muhammad Ali, Muhammad Radit dan George Washington, jadi penulisan dalam daftar pustaka menjadi " Ali, Muhammad dkk "

2. Dalam penulisan daftar pustaka tidak harus menuliskan sebuah nama gelar akademis atau gelar keagamaan dan gelar kebangsawanan.
Contohnya : Sri Wahyuni S.E maka penulisannya " Wahyuni, Sri "

3. Urutan penulisan harus ke arah samping kanan.
  • nama penulis (di balik, di akhiri tanda titik)
  • tahun terbit (jika tanpa tahun dapt di tulis "tanpa tahun", di akhiri tanda titik)
  • judul buku atau karya ilmiah (di tulis dengan tulisan miring "italic" di akhiri dengan tanda titik"
  • nama kota terbit (diakhiri tanda titik 2 " : " )
  • nama penerbit (diakhiri tanda titik)
Contohnya : sebuah buku berjudul Hari Esok Lebih Baik yang di tulis oleh Muhammad Ali S.E di terbitkan oleh PT. Gramedia, Bandung, pada tahun 2018, maka cara penulisan daftar pustakanya :
Ali, Muhammad. 2018. Hari Esok Lebih Baik. Bandung: PT Gramedia

4. Format penulisan daftar pustaka harus tersusun dari A sampai Z. sehingga penulisan di haruskan di mulai dari nama penulis yang berawalan A pada daftar pustaka.

daftar pustaka berurutan.

oke teman-teman, itulah cara penulisan daftar pustaka yang bisa saya bagikan, semoga dapat menjadi pembelajaran yang baik buat saya dan kawan-kawan. jika ada kekurangan mohon maaf, dan jangan sungkan untuk memberi masukan pada kolom komentar.
jangan lupa share atau bagikan jika postingan ini bermanfaat.
tunggu postingan saya selanjutnya.

semoga bermanfaat cheers.




Comments

Popular posts from this blog

WINRAR 5.60 Final Full Version

Download Office Pro Plus 2019

adsterra